Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

Problem bangsa-bangsa di dunia yang sangat besar dan perlu segera ditangani adalah masalah “jumlah penduduk” yang membludak. Semakin banyak jumlah penduduk berbanding lurus dengan kebutuhan akan sandang, pangan, papan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, penyediaan lapangan pekerjaan, keamanan dan lain-lain.

Diseluruh dunia tekanan akibat semakin banyaknya penghuni planet bumi semakin dirasakan. Contoh sederhana: umumnya nasi satu piring hanya cukup untuk 1 orang, tetapi karena jumlah penduduk yang terlampau banyak maka nasi 1 piring akan diperebutkan 5-10 orang, lantas apa yang terjadi??

Alam sebagai penopang kehidupan manusia sangat terbatas jumlahnya, dan semakin banyak manusia yang memanfaatkan (eksploitasi) alam maka semakin banyak pula dampak yang disebabkan akibat eksploitasi tersebut. Seperti banjir, kekeringan, pencemaran air, tanah maupun udara, kenaikan atau penurunan suhu panas dibeberapa daerah, dan keracunan oleh pestisida dan lain-lain.

Masalah ini baru merupakan puncak kecil suatu gunung es yang mengambang, suatu bagian kecil dari malapetakan katasrofal (malapetaka besar yang sifatnya tiba-tiba) yang belum kelihatan, yaitu kehancuran potensial dari system keseimbangan alam yang harus ada untuk mempertahankan system kehidupan diatas planet bumi ini.

Ancaman ini perlu kita sadari dan hadapi, kemudian dicarikan solusinya karena manusia tidak mungkin tidak bertambah terus. Tahun 1987 jumlah manusia sudah mencapai 5 milliar, dan Tahun 2000 diperkirakan mendekati 7 milliar. Jika pertumbuhan penduduk tetap seperti itu maka ditahun 2025 jumlah manusia diplanet bumi sudah akan mencapai lebih dari 12 milliar orang.

Untuk dapat memberi makan kepada 12 milliar orang bumi ini harus diolah lebih intensif dan ekstensif lagi, jika begitu keadaannya maka hutan sebagai pelindung dan pengatur keseimbangan alam sudah barang tentu akan ditebang secara luas untuk memenuhi kehidupan manusia. Keadaan sekarang sudah mendekati titik krisis. Hal ini terjadi karena dua kekuatan besar yang saling mendukung dan memperkuat. Diantaranya adalah:

  1. Pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak terbatas diatas suatu planet dengan daya dukung terbatas.
  2. Teknologi tidak terbatas yang dibarengi dengan sikap manusia untuk mendominasi dan menghabiskan alam lingkungannya.

Krisis yang mengancam system kehidupan manusia ini perlu kita hadapi dan pecahkan bersama. Pertumbuhan penduduk harus kita atur, dibarengi dengan sikap kita untuk bertanggung jawab dalam memanfaatkan alam (tidak untuk mendominasi dan menghabiskan alam). Bagaimana caranya? Itulah tugas kita. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s