Pembelajaran Kelas Maya dengan Edmodo

Kurikulum 2013 menghendaki adanya pembelajaran diluar kelas. Artinya anak tidak hanya mendapatkan ilmu ketika didalam kelas saja, tetapi ketika mereka diluar kelas pun akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan pun selalu terbuka lebar.
Era teknologi saat ini memaksa pendidikan Indonesia untuk beradaptasi dengannya. Karena mau atau tidak mau, suka ataupun tidak segala aktivitas dalam kehidupan kita selalu bersinggungan dengan hal tersebut. Sebagai contoh, Indonesia adalah negara dengan pengguna facebook terbesar kedua di dunia yaitu sebanyak 41,777,240 pengguna dari 241.452.952 total penduduk Indonesia. Sebanyak 41% berasal dari usia 18-24 tahun, sebanyak 21% berusia 25-34 tahun. Usia-usia yang sangat produktif, sayang sekali jika hanya digunakan untuk berjejaring sosial di facebok.
Untuk menyiasati hal tersebut, dibuatlah situs pembelajaran bernama Edmodo. Edmodo adalah sebuah aplikasi jaringan online yang diperuntukkan bagi guru dan siswa. Edmodo dipergunakan sebagai alat komunikasi di dalam kelas maya, tetapi  juga menyediakan beberapa fitur bagi guru untuk terhubung dan berkomunikasi dengan guru-guru lainnya.

Fitur Edmodo mirip dengan facebook, sehingga pengguna edmodo tidak akan mengalami kesulitan ketika mengunjungi situs ini.Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan siswa dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook, tapi sesungguhnya ada nilai lebih besar dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini.

Edmodo (dirancang oleh pendidik) yang juga berbasis cloud kolaborasi merupakan aplikasi yang cukup aman digunakan oleh guru dan siswa. Seorang guru, sekolah, kabupaten/kecamatan dapat dengan mudah mengelola sebuah sistem yang menyediakan fitur terbaik dan praktis menghilangkan kecemasan kita terhadap aktivitas yang biasa siswa lakukan dengan internet khususnya facebook.

Dengan platform ini kita akan lebih mudah untuk memonitor interaksi siswa Anda dalam edmodo learning environment. Tidak ada yang bisa masuk ke ruang edmodo Anda tanpa undangan, dan siswa tidak dapat menggunakannya untuk berhubungan dengan orang asing seperti yang terjadi di Facebook. Anda dapat dengan mudah mengetahui jika ada pelanggar/penyusup/orang  asing yang terdaftar di kelas yang Anda kelola dengan edmodo.

Penasaran dengan Edmodo? Yuk, kunjungi situsnya dan gabung di edmodo untuk pembelajaran yang lebih aktif, kreatif dan inovatif untuk kemajuan pendidikan Indonesia. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s