Gerakan Mahasiswa Representasi TRI Dharma Perguruan Tinggi

Mahasiswa merupakan bagian intergral dari perguruan tinggi yang dikenal sebagai simbol intelektualitas. Gerakan mahasiswa adalah gerakan intelektual karena intelektualitas merupakan ciri khas yang melekat dalam diri mahasiwa sebagai kelas menengah terdidik. Oleh karena itu menjadi sebuah konsekwensi logis, pergerakan mahasiswa dituntut mampu menunjukkan kadar intelektualnya.

Gerakan mahasiswa harus menjadi gerakan ilmiah yang dibangun diatas basis rasionalitas yang tangguh. Gerakan mahasiswa bukanlah gerakan emosional yang dibangun diatas romantisme sejarah masa lalu sekaligus sarana penyaluran gejolak pemuda.Partisipasi mahasiswa dalam gerakan sosial merupakan respon spontan atas situasi sosial yang tidak sehat, melihat darimasyarakatnya yang tak kunjung sejahtera, dan pemerintahan yang korup. Berbekal ilmu pengetahuan itulah mahasiswa dapat membaca situasi sosial. Selain mahasiswa, apakah masyarakat awam bisa membaca situasi seperti itu?

Ketika dikampus kita mengenal tri dharma perguruan tinggi. Ia menjadi pedoman mahasiswa yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tri dharma perguruan tinggi menjadi bagian intergral dari gerakan mahasiswa. Nilai-nilai ideal tersebut tercermin dari isi tri darma perguruan tinggi tersebut.

Nilai-nilai idealyang pertama adalah pendidikan.Pendidikan menurut Paulo Freire adalah proses memanusiakan manusia. Artinya bahwa manusia belum dianggap manusia, jika tidak di didik. Dalam perjuangannya mahasiswa hari ini dituntut untuk mampu survive dalam menghadapi arus globalisasi yang melanda negeri ini. Pendidikan di indonesia mulai kehilangan ruh nya & mulai berubah orientasinya dari mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi kapitalisme pendidikan ini terlihat dari sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi yang hanya mengejar keuntungan bukan kualitas dari peserta didik. Sebagai mahasiswa tentunya kita sedih melihat bangsa ini yang mulai porak porandah, kekayaan alam indonesia dieksploitasi habis oleh pihak asing, kemiskinan merajalela, dan KKN makin menggurita. Oleh karena itu untuk mengeluarkan bangsa ini dari belenggu kapitalisme global maka pendidikan menjadi sebuah keniscayaan.

Yang kedua adalah penelitian. Sebagai kaum intelegensia penelitian adalah sebuah hal yang fardlu dilakukan, entah ketika menginjak skripsi maupun dalam proses mengamati gejala sosial yang melanda bangsa ini. Sebagai “agen social of change” mahasiswa dituntut tidak hanya sekedar tahu, tetapi mengerti sampai keakar-akarnya entah itu permasalah dalam lingkup kampus, masyarakat sekitar maupun dalam lingkup bangsa dan negara. Untuk itu penelitian adalah proses yang harus dipahami dan diterapkan oleh setiap mahasiswa dalam proses advokasi kepada masyarakat.

Kemudian nilai yang terakhir adalah, Pengabdian kepada masyarakat. Seperti disinggung pada point pertama dan kedua yaitu pendidikan dan penelitian pada akhirnya akan bermuara pada pengabdian kepada masyarakat. Pendidikan dan penelitian yang kita lakukan selama diperguruan tinggi menjadi landasan dalam gerakan mahasiswa dalam proses mengabdi kepada masyarakat. Gerakan mahasiswa bersifat independen dari kelompok kepentingan tertentu, tetapi tidak menutup kemungkinan ada langkah bersama. Ini bisa terjadi lantaran sifat gerakan mahasiswa itu sendiri yang merupakan wakil aspirasi rakyat dan gerakan moral.Maka pengabdian secara masyarakat sesuai kompetensi intelektualnya merupakan tanggung jawab secara moral dan secara intelektual.

Semoga paparan ini dapat menjadi ruang refleksi kita sebagai mahasiswa untuk dapat mengamalkan nilai-nilai dalam tri dharma perguruan tinggi dengan amalan yang aplikatif dan menyentuh masyarakat banyak. (29/03/2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s